Senin, 15 Juli 2013

They Have a Second Chance


Bullying dengan cara mengejek
Setiap masa elo sekolah, pasti ada kalanya elo bakalan ketemu yang nama bullying. Entah elo yang jadi korban, elo yang jadi pelaku, ato elo yang nontonin doang. Dan gue gak mau munafik kalo gue juga pernah ngebully orang. Secara sadar nggak sadar, kita juga pasti pernah kok ngebully teman-teman kita. Entah itu dengan mengejek, menertawai hingga bikin dia malu, memukul, dan lain-lain. Di sini gue bakalan nyeritain bullying itu di mana gue berada di pihak "yang nontonin doang" ato mungkin juga sedikit kecipratan sebagai "pelaku". 


-Si Cantik-


 Bullying yang pertama kali gue lihat secara gamblang sih, waktu gue kelas 3 SMP. Ini dialamin sama adik kelas gue, sebut aja dia si Cantik. 
Jujur aja, kesalahan yang dia bikin emang fatal banget. Secara dia ngaku pacaran sama temen gue "D", yang waktu itu adalah ketua OSIS. Padahal jelas-jelas si D ini udah punya pacar. Nggak itu aja, si Cantik ini juga ngaku ditembak sama temen gue yang satu lagi, si A. Padahal si A ini juga udah punya pacar. 
Jelas dong, ke dua pacar temen-temen gue itu naik pitam. Dan, di labrak-lah si Cantik ini. Nggak tanggung-tanggung, temen-temen seangkatan gue ngelabarak dia bareng-bareng. Awalnya gue sebel dan benci banget sama nih anak. Abis bego banget sih bikin cerita boong.Tapi pas temen-temen gue ngelabrak dia keroyokan gitu, gue jadi ngerasa kasihan. Nggak etis aja gitu. Kok ngehardik bareng-bareng. Yang punya masalah siapa, yang marah siapa.
Waktu dilabrak itu, si Cantik ini dipaksa buat jujur, bener gak sih dia ngomong kayak gitu? Ya namanya manusia, mana sih mau ngaku. Apalagi dengan cara paksa kayak gitu. Dan karena si Cantik ini gak ngaku, akhirnya temen-temen gue bubar dan ngebiarin dia nangis sendirian. Entah kenapa gue jadi ngerasa gak tega sama nih anak. Akhirnya, sama temen gue @CokisRani, gue hampirin si Cantik yang lagi dihibur sama temen-temennya ini.
Gue tahu, kalo gue marah-marah, ni anak gak bakalan mau ngaku. So, gue pun tanya dia baik-baik. 
"Cantik, kamu beneran ada ngomong kayak gitu?"
Si Cantik geleng-geleng frustasi.
"Nggak kak, saya nggak pernah ngomong kayak gitu. Yang saya maksud itu bukan kak D sama Kak A. Itu orang lain yang ada di sekolah lain,"
Yah...jujur aja sih, gue nggak percaya. Tapi gue bilang kayak gini.

"Aku percaya sama kamu. Tapi menurut saranku sih, kamu juga minta maaf sama pacar kak A sama kak D. Biar gimanapun kamu udah ngadu domba mereka. Kamu juga harus ngomong sama temen-temenku, kalo orang yang kamu maksud itu buka kak A sama kak D"
 Dia ngangguk aja. Masih sambil nangis. Akhirnya gue ngelanjutin ngobrol-ngobrol sama temen-temenya si Cantik ini. Dan akhirnya gue tahu, kalo ternyata, orang tua si Cantik ini lagi di ambang perceraian. Gue pun nangis saat itu juga waktu denger cerita ini. 
Gue mikir, anak seumuran dia kok udah punya masalah seberat ini? Pertama masalah di rumah, trus masalah di sekolah. Dan yang lebih ngenesnya lagi, katanya sih papanya si Cantik ini diguna-guna sama selingkuhannya yang sekarang. Dan nangis gue makin kenceng saat itu juga. (Gue masih aja ngakak kalo inget kejadian itu)
Akhirnya gue pegang tangannya si Cantik ini. Gue bilang :
"Kamu sabar ya. Ya ampun...anak sekecil kamu kok udah punya masalah kayak gini,"
Dan akhirnya, gue ajak di buat sembahyang ke Padmasana.  Gue ajak dia buat berdoa sama Tuhan, supaya dia diberikan kekuatan buat ngadepin semua ini. Gue juga ikut doain dia. Dan lagi-lagi, nangis gue makin kenceng. Bahkan lebih kenceng daripada si Cantik ini. 
Jujur aja, gue gak pernah denger yang namanya perceraian secara langsung ke telinga gue (kecuali di sinetron). Temen-temen gue juga gak ada punya masalah kayak gini. Jadi pas gue denger msalah si Cantik ini, gue jadi tertohok gitu. 
Gue bener-bener berdoa sama Tuhan, semoga si Cantik ini diberikan kekuatan yang lebih. Semoga permasalahannya cepet selesai. Dan gara-gara ngeliat gue nangis, si Cok Is juga ikutan nangis. Ya udah deh, akhirnya kita nangis bareng-bareng di Padmasana.
Mungkin itu terakhir gue ngasi saran ke dia, dan gue gak tau gimana kelanjutan masalahnya lagi. Sampe akhirnya, dia nge-sms gue (Cok Is juga), seinget gue isinya gini:

"Makasih ya kak Amanda sama Kak Cok Is udah bantuin Cantik. Mama sama Papa udah baikan sekarang. Aku sampe keseleo gara-gara loncat-loncat saking senengnya. Makasih ya Kak"

Yah...gue seneng banget sih dengernya. Akhirnya si Cantik ini terbebas dari masalahnya. Dan untuk masalahnya di sekolah, gue rasa temen-temen gue udah lupa. Meskipun masih ada beberapa yang ngebahas, tapi nggak sampe ngelabrak gitu sih. 

Entah mungkin masalah itu bener adanya ato nggak, setidaknya gue dapet hikmahnya. Gue harus bersyukur sama apa yang udah gue dapet. Dan gue harus bersyukur atas orang tua hebat yang udah Tuhan kasi ke gue. Yang meski kadang kolot dan agak norak (wkwkwk!), tapi mereka bener-bener orang tua yang tangguh dan yang pastinya, rukun selalu.

-Si Manis-  


So, entah kenapa, semenjak gue duduk di bangku SMA ini gue semakin sering nemuin yang namanya bullying, dalam kasus ini sih bullyingnya berbentuk 'ignoring'. Ini terjadi waktu gue kelas X. Sebut aja si 'korban' ini dengan si Manis.
Awalnya gue juga sebel banget sama si Manis ini. Soalnya kesan yang gue dapet saat pertama gue kenal dia, ni orang belagu banget. Sok imut, sombong, bossy, suka ngebeda-bedain temen, pokoknya nyebelin banget deh!! Tapi ntah kenapa dia bisa jadi bendahara kelas, perasaan gue nggak ada tuh milih dia.
Sampe akhirnya, dia ketahuan korupsi uang kas kelas. Ketahuannya pun nggak elit banget. Yang mergokin dia lagi make uang kelas buat belanja itu sih temen gue. Kata temen gue itu, katanya si Manis ini bilang "Duh, aku laper, yah, terpaksa korupsi lagi deh", tepat di depan temen gue itu. Entah kenapa si Manis ini begitu 'polos'. Mungkin dia kira temen gue ini nggak bakalan lapor, tapi ya nggak mungkinlah, masa sih elo mau ngorbanin 39 orang hanya untuk 1 orang yang belum tentu peduli sama elo?
Dan akhirnya, terbongkarlah semua. Kelas gue seolah mendapatkan kemerdakaanya lagi. Dulu kita yang saling berkubu-kubu, kita mulai saling berbaur karena hancurnya si Manis itu. Yap! Karena si Manis ini dimusuhin sama temen-temen sekelas gue. Dan gue juga dulu ikut-ikutan musuhin dia. Sampe akhirnya, wali kelas gue ngerombak tempat duduk, dan jengjengjeng! Dia duduk di depan gue. 

Awalnya sih gue misuh-misuh. Apalagi si Manis ini keliatan banget 'sok' baiknya di depan gue. Secara kayaknya dia dulu nggak pernah nganggep gue ada, deh. Tapi lama kelamaan, gue jadi empati juga sama nih anak. Ke mana-mana selalu sendiri. Nggak ada yang mau ngobrol sama dia. Hampir 6 bulan penuh dia diasingkan seperti itu. Dan gue jadi mikir, 'gimana ya kalo seandainya gue ada di posisinya dia?'
Dan akhirnya gue mulai ngajak ngobrol dia. Gue ajak dia bergaul sama temen-temen gue. Meskipun temen-temen gue nggak suka kalo gue terlalu deket sama dia, katanya sih bisa aja si Manis ini cuma manfaatin gue, tapi gue yakin kalo semua orang punya kesempatan ke-2. 
Dan saat itu, banyak banget yang dia ceritain si Manis ini. Kalo gak salah sih, dia bilang gini:

"Iya, aku memang ada make uang itu buat belanja. Tapi yang make juga bukan aku sendiri kok. Temen-temenku juga make. Tapi kenapa mereka juga ikut musuhin aku? Yang ganti uang itu aku sendiri, yang lain mana mau bantu.,"
"Aku seneng sekali kalo udah hari sabtu. Tapi kalo hari minggu, aku pasti nangis. Aku takut sekali ngadepin hari senin. Aku takut gak ada yang mau ngomong sama aku. Aku takut nggak ada yang ngerunguin aku."

Jujur aja sih, gue cukup sedih juga dia ngomong kayak gini.  Gue jadi ngerasa bersyukur sama hidup gue. Gue berterima kasih sama Tuhan karena udah ngasi gue sahabat-sahabat yang baik. Seperti @IkaDhivtya, @nanawelli, dan @rizky_marlinda. Yang gak bakalan pernah ninggalin gue meskipun sifat gue yang aneh, moody, dan jayus banget. Yang selalu rela maafin gue waktu gue punya salah. Dan yang gak pernah ngejudge gue dari fisik maupun material. Gue berterima kasih banget sama Tuhan karena udah ngebuat gue menjadi diri gue sendiri di mana pun gue berada. Yang membuat gue selalu menjadi rendah hati dan gak suka ngebeda-bedain temen.

Ini Rizky, Nana, sama gue

Ini Ika, gue, sama Nana
 Dan dengan peristiwa ini, si Manis jadi mau berbaur dengan orang-orang yang mungkin dulu dia anggap hanya sebagai bagian dari udara. Dia juga jadi lebih rendah hati. Dan mau nerima orang lain apa adanya.
Terus kata-kata dari dia yang paling bikin gue bangga sama gue sendiri adalah :
"Aku nggak pernah nyangka kamu bakalan baik gini sama aku. Padahal dulu aku sama sekali nggak pernah mau ikut campur sama kehidupan kamu. Apalagi waktu kamu bilang kalo 'Tuhan gak bakalan pernah ninggalin aku', makasih ya,"
Ntah apa dia masih inget apa nggak pernah ngomong kayak gini ke gue. Tapi yang jelas, gue masih inget, dan bakalan terus inget. Dan sekarang, si Manis ini udah mulai punya banyak temen. Emang pada dasanya si Manis ini anaknya supel, cuma mungkin ada beberapa dari sifatnya yang dulu, yang ngebuat pertemanannya dia nggak berlangsung lama. Tapi akhirnya, dia bahagia dengan temen-temennya sekarang. 

-Si Imut-



Ini satu-satunya kasus yang gak gue tahu bakalan berakhir kayak gimana. Karena sampe sekarang, ni masalah masih berajalan. Jadi ini temen sekelas gue, sebut aja dia si Imut. Orangnya sebenernya cerewet, cuma keliatannya aja pendiem. Dia suka banget cerita tentang kehidupannya dia, novel-novel yang dia baca, sampe orang yang dia taksir, ke gue. 
Hubungan gue sama si Imut ini memang gak sedeket hubungan gue sma Ika, Nana, dan Rizky. Tapi setidaknya, kita cukup nyambung kalo ngobrol. Dan dari yang gue liat sih, si Imut ini, bukannya sombong, tapi lebih cenderung suka ngumbar-ngumbarin kekayaannya dia sama kepintarannya dia. Dan kadang-kadang sih, dia juga suka ngerendahin orang yang dia gak suka. Tapi ini yang gue suka sama dia. Keterbukaannya. Dia gak pernah tuh pura-pura soka baik sama orang yang dia benci. Atopun pura-pura takut sama orang yang gak dia suka. Pokoknya kalo dia gak suka, ya gak suka.
Tapi temen-temen gue menilai kalo sifatnya si Imut itu terlalu, yahh...sombong dan congkak. Seolah yang hebat itu cuma dirinya aja. Gue juga ngerasa sih kayak gitu. Tapi menurut gue, dia pantes-pantes aja kok buat sombong. Secara apa yang orang pinginin, dia punya. Riches, cleverness, and braveness.
Tapi waktu kelas XI, si Imut ini gue liat, udah nggak kayak yang dulu lagi. Mungkin karena dia udah dapet temen-temen baru yang lebih populer, dia jadi berubah. Dia makin sombong, dan sikapnya yang ngerendahin orang semakin menjadi-jadi. Akhirnya gue jadi ngerasa sebel juga sama dia. 

Sampe akhirnya, gue denger kalo si Imut ini lagi musuhan sama temen-temennya. Ya gara-gara, itu tadi, kesombongannya dia. Temen-temennya dia ngerasa kalo si Imut ini mulai ngebossy dan sebagainya. Apalagi ternyata, semua cerita luar biasa yang diumbar-umbar si Imut ini, ternyata cuma cerita boong alias khayalan. 
Bammpppp!!!!! Sama seperti si Manis tadi, si Imut ini jadi dimusihin satu kelas. Dia yang dulunya ceria banget, sekarang cuma ngeram di bangkunya. Mainin gadgetnya trus. Nggak ada yang mau ngomong sama dia lagi. Termasuk gue. Secara gue masih kesel sama sikapnya dia itu.
Tapi ntah kenapa, lama-lama gue jadi kasihan sama dia. Gue juga ngerasa, gimana kalo seandainya gue jadi dia ya?

Ya, gue yang awalnya berhenti nyapa dia, akhirnya mulai nyapa dia lagi. Ngajak dia ngobrol lagi. Meskipun gak sehangat gue ngoborl sama dia sewaktu kelas X dulu. Ya...masih ada jarak yang gue buat antara gue sama dia. Dan gue gak tahu bakalan berakhir kapan. Ya...semoga aja Tuhan masih ngasi peluang buat gue supaya gue bisa bantu nyelesain masalah si Imut ini. Karena pada dasarnya, si Imut ini memang baik. Mungkin cuma, yahh....ada dari beberapa sifatnya yang kadarnya overlimit, jadi bikin dia bersikap 'sedikit' menyebalkan.

"Mereka itu juga manusia. Kadang khilaf dan berbuat kesalahan. Kita pantas untuk marah sama mereka, tapi kita tidak pantas untuk mengganggap mereka tak ada. Mereka butuh untuk digenggam. Mereka juga butuh untuk direngkuh. Kesalahan mereka juga pasti pernah kita lakukan di masa lalu. Janganlah kita merasa menjadi manusia yang paling suci. Karena kesucian itu hanya milik Tuhan seutuhnya. Kini saatnya kita menganggap mereka bagian dari kita. Kini saatnya kita menggagap mereka teman yang telah hilang namun kembali datang. Kini saatnya kita untuk memeluk mereka lagi. Memberikan mereka kesempatan ke dua lagi. Karena bagaimanapun, mereka adalah kita. Kita tak berbeda sedikitpun dari mereka..."



Resources :
Picture
http://www.sott.net/image/image/s6/125012/full/bullies_kids.jpg
http://www.cute-factor.com/images/smilies/wanwan/1775465341wan.gif
http://www.cute-factor.com/images/smilies/wanwan/1775465360wan.gif
http://images2.layoutsparks.com/1/177529/judge-butterfly-sketch-beautiful.jpg
http://www.thetimes.co.uk/tto/multimedia/archive/00408/97350434_bullying_408011c.jpg
http://www.cute-factor.com/images/smilies/wanwan/1775465354wan.gif
http://images.huffingtonpost.com/2013-02-07-PIP_bullying1.png
http://www.cute-factor.com/images/smilies/wanwan/1775465322wan.gif
http://www.brocku.ca/brock-news/wp-content/uploads/2012/10/banner-bullying.jpeg
https://d8kyhhndkm363.cloudfront.net/8/311451/bullying20magic20show.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar